Tulisan ini merupakan kelanjutan tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Membuat formulir online (1): pendaftaran ujian tugas akhir” (kasus-II).  Seperti saya sebutkan sebelumnya, sebagai seorang dosen kadang-kala kita ingin pengumpulan atau penyerahan tugas yang kita berikan kepada mahasiswa dilakukan mereka secara online. Oleh karena itu diperlukan formulir pengiriman artikel secara online, yang contohnya seperti terlihat di bagian kanan halaman blog ini (kasus-I). Kali ini saya share bagaimana langkah-langkah pembuatan formulir tersebut.

Berbeda dengan tulisan diatas yang contohnya (kasus-II) menggunakan fasilitas Google, kali ini contoh pembuatan formulir (kasus-I) menggunakan fasilitas EmailMeForm. Kalau fasilitas Google hanya bisa untuk kasus-II saja, fasilitas EmailMeForm lebih lengkap dan bisa digunakan untuk membuat formulir kasus-I maupun kasus-II.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan formulir pengiriman artikel:

A. Mendaftar dulu

  1. Kunjungi situs “email-me” untuk sign up: http://www.emailmeform.com/v-signup.html
  2. Isilah form sign up –termasuk mengisi email dan password; untuk emailnya bisa menggunakan email yang biasa kita pakai.
  3. Setelah selesai sign-up, kita akan mendapat kiriman email verifikasi.
  4. Lakukan verifikasi, yakni dengan login dan membuka email kita yang berisi url verifikasi -> klik url verifikasi

B. Membuat formulir

  1. Untuk membuat formulir dilakukan di form manager klik disini, atau <http://www.emailmeform.com/builder/manager>.
  2. Pada form manager terdapat 3 tab: My Form, Theme, Template
  3. Untuk membuat formulir, masuk/klik tab “My Form”.  Untuk menambah formulir baru, Klik  “Add form” (kalau sudah pernah punya form).
  4. Editing formulir; pada My Form terdapat judul artikel yang kalau disorot maka di bawahnya terdapat icon data, edit, view, dll. -> Klik edit untuk masuk ke editing formulir.
  5. Bila sudah masuk ke halaman editing, terdapat 3 tab: Add Field, Field Settings, Form Settings) -> klik Add Field.
  6. Pada tab Add Field terdapat 2 kategori: Basic dan Advance (pilihan “File Upload” ada di kategori Advance Field).
  7. Kemudian editing formulir bisa dilanjutkan dengan mengikuti petunjuk dan menu2 yang tersedia.

C. Menyimpan hasil editing formulir

  1. Bila editing sudah selesai, simpanlah formulir: -> Klik “Save Form”
  2. Muncul dialog box dengan 4 pilihan: ->  Pilih “Take me back to Form Manager”

D. Mengcopy kode html

  1. Pada form manager, untuk memunculkan kode html: -> Klik icon “code” (di bawah judul formulir) .
  2. Pilih  “html only” (pilihan paling bawah dari 4 pilihan yang ada).
  3. Copy seluruh isi html code yang ada di dalam kotak.

E. Memasang formulir pada blog

  1. Masuk ke dashboard blog kita.
  2. Tambahkan dulu widget “javascript HTML adder” ke side bar. (Catatan: Bila menggunakan Blogspot maka bisa langsung menggunakan halaman posting untuk menyematkan kode html ).
  3. Sematkan/paste “html code” yang dicopy tadi pada javascript HTML editor blog kita.
  4. Klik Update untuk mengupdate halaman.
  5. Selesailah langkah pembuatan formulir; Hasil formulirnya adalah seperti di bagian kanan halaman blog ini. (Bila kita blogging di blogspot, bisa dilihat CONTOH hasil formulirnya disini.)

F. Melihat kiriman artikel

  1. Untuk melihat kiriman artikel yang masuk, klik manager dan klik icon dibawah (bergambar disket dengan tulisan data).
  2. Kiriman juga bisa dilihat di inbox email kita.
  3. Selesai

———————–###———————–