Bagi kita yang tinggal di rumah dengan garasi sempit dan jalan di depan rumah yang juga sempit, seringkali mendapat kesulitan saat memarkir atau memasukkan mobil ke dalam garasi. Demikian juga saat memarkir mobil di parkiran sempit. Kesulitan itu akan berkurang bila kita memarkirnya dengan cara mundur. Mengapa demikian, inilah penjelasannya.

Ketika mobil dikemudikan untuk belok, yang berperan mencari tempat parkir (baca: masuk tempat parkir lebih dulu) adalah roda yang berada di depan. Kalau mobil berjalan mundur yang berperan mencari tempat parkir adalah roda belakang, bukan roda depan. Sementara itu ada perbedaan radius lintasan belok antara roda depan dan roda belakang.

Seperti terlihat pada gambar, titik pusat lintasan belok mobil berada pada titik C, yakni titik perpotongan antara garis sumbu roda belakang dan garis sumbu roda depan. Terlihat juga perbedaan panjang antara radius lintasan roda depan dan radius lintasan roda belakang, yakni AC lebih panjang dibanding BC.radius belok

Jadi bila mobil harus diparkir dengan cara maju akan lebih sulit, dalam pengertian harus lebih banyak maju mundur,  karena roda depan yang berperan untuk mencari tempat parkir radius beloknya lebih panjang.  Akan lebih mudah bila mobil diparkir dengan cara mundur karena, meskipun kita memutar dengan sudut kemudi yang sama, radius belok roda belakang lebih pendek.

Namun demikian harus tetap disadari bahwa saat mengemudikan mobil dengan cara mundur diperlukan kewaspadaan lebih besar.